perempuan "troya"

ada apa nih sama judul di atas?
penasaran kan?troya kayanya pernah denger deh.iya itu..film troy.
film yang diperanin sm abang brad pitt.hehehe:P..klo denger yang satu ini pasti mata langsung melek.
terus apa hubungannya sama perempuan ya?
#tring2..mikir sejenak..
buat kamu yang udah pernah nonton filmnya, pasti tau jalan cerita film itu.
disitu keliatan banget sosok perempuan yang memainkan sebuah cerita dan peristiwa penting.
perempuan (Helen dari Sparta kecantikannya engga ada duanya) yang dijadikan alasan bangsa Sparta menyerang kerajaan Troy  padahal sama-sama berada satu wilayah yang sama yaitu Yunani. singkat cerita bangsa Sparta akhirnya bisa masuk ke kerajaan Troy yang notabene punya pertahanan wilayah yang sangat ketat karena strategi kuda,yang terkenal sampe sekarang " kuda troya".

perang besar!perang yang emang diyakini kebenarannya oleh situs budaya yunani kuno sampe mereka bikin film dokumenter buat menyelidiki ini semua. disitu emang ditemuin catatan sejarah yang mengisahkan tentang perang troya,helen dari sparta,achilles,hector,dan tokoh lainnya.
perempuan banyak dijadikan objek eksploitasi dan dijadikann alasan buat kepentingan politik tertentu..tapi apa memang benar-benar perempuan penyebab konflik politik?kalo menurutku justru kepentingan politik itu sendiri yang menjadi pemicu.perempuan hanyalah kambing hitam dan alasan klasik yang kuat.

lantas mengapa perempuan selalu dijadikan objek?apakah karena mereka lemah?mudah diperdaya?
banyak kisah yang terjadi konflik yang disebabkan oleh perempuan.perempuan-perempuan troya hingga masa ke masa.marlyn monroe yang meninggal misterius karena konon ada skandal yang melibatkannya dengan petinggi negara (hehehe engga usah disebutin siapa petingginya karena sensitif bgt).
atau kisah dalam negeri yang melibatkan antasari azhar dan rani. gara-gara rani yang disebut sebagai pemicu pembunuhan terhadap nazarudin.

apa yang salah sebenernya dengan semua ini?
kesetaraan gender memang dikumandangkan tetapi di berbagai tempat masih saja terjadi eksploitasi terhadap perempuan, hak mereka dibatasi.
coba apa jadinya Indonesia kalo engga ada ibu Kartini?
pasti engga bakal ada  perempuan-perempuan hebat yang jadi petinggi di dalam negeri.
terbukti juga ternyata perempuan yang jadi pemimpin itu lebih baik dalam hal komunikasi dan negosiasi. karena memang keahlian kaum ibu yaitu berkomunikasi terhadap anak-anaknya.
buat kamu kaum perempuan, tetaplah berkontribusi dalam pembangunan dan pergerakan roda dalam negeri, tapi ingat tetap laksanakan kewajiban kita.kewajiban yang sebenarnya datang karena lahiriah.

nampaknya dunia menjawab banyak tentang kesetaraan gender.
saat ini perjuangan untuk hak kaum perempuan juga sudah banyak ditanggapi serius.
diharapkan pula kisah perempuan "troya" dapat diminimalisir.
bukan menjadi hebat yang aku inginkan tetapi hakku diperjuangkan.
bukan memonopoli yang aku inginkan tetapi dihargai dan didengar.
bukan melanggar batas-batas yang aku inginkan tetapi menjadi inspirasi.
bukan kepedihan yang aku inginkan tetapi kasih sayang.
Indira Gandhi, Mother Theressa..sangat menginspirasi aku:)

Banyak bidang yang dapat menjadi lahan untuk eksistensi perempuan tidak harus mengenai politis.
tetapi sebenarnya berada dimanapun kamu dan dapat memberikan dampak perubahan positif secara tidak langsung telah berhasil memperjuangkan hak perempuan.
perempuan-sebuah nama-sebuah cerita

Hayuning Santa Asisi



Komentar

Postingan Populer