out-ouch!

well 2 hari ini aku engga aktif nulis, guys.
so, buat pembaca maaf ya:)
kali ini aku ada tema seru nihhh..
gimana kalo kita ngebahas tentang karya fenomenal manusia?
tapi apa hubungan sama judul di atas ya?
check this out!

out berarti keluar, ouch bisa diartikan juga perasaan kaget, tersentak akan sesuatu.
nah out-ouch yang ini nyritain tentang sebuah karya manusia keluar dari batas yang ditentuin tapi nimbulin decak kagum.
klo kita  liat bangunan megah karya insinyur abad pertengahan di eropa pasti bakal geleng2 kepala.
nggak nyangka banget klo jaman segitu udah ngehasilin bangunan keren, padahal peralatan and teknologi engga secanggih sekarang.
yang jadi pertanyaan besar kenapa akhirnya bisa bikin hasil karya sehebat itu ya?dapet darimna inspirasi itu?apakah ilmu pengetahuan telah dirancang manusia untuk hal sejauh itu?
mulai dari kolom yang tingginya bisa mencapai 4 lantai, ukiran dinding kaca yang bisa menopang bangunan atap di atasnya, ukiran dari tiap sudut yang menggambarkan cerita, hingga pahatan yang sangat mengagumkan.
semua bangunan menurut sumber tulisan tangan sang perancang (sekarang disimpan di museum nasional di perancis) adalah bentuk dari visualisasi ketertarikan terhadap sebuah angka. mereka mengagumi ilmuan-ilmuan matematika, sehingga tercipta sebuah bangunan dengan kode  matematis.

manusia memiliki sifat dasar selalu ingin tahu dan terus mengembangan ilmu pengetahuan agar menjaga esistensinya beradaptasi di muka bumi.
kalian inget sama para ilmuan kan?
mereka mengembangkan rasa penasaran itu dengan melakukan uji coba sehingga terciptalah hasil karya.
pada awalnya hasil karya mereka tidak diakui, banyak menuai kontroversi.
para penemu ato ilmuan bahkan engga jarang yang berurusan dengan pihak-pihak penguasa yang merasa kepentingannya dibatasi.
tapi, mereka tetep maju dan engga takut..kuncinya adalah keyakinan yang besar memberikan perubahan.
atau kalo kalian ngikutin berita akhir-akhir ini tentang mobil esemka karya cipta anak-anak sekolah kejuruan yang mengalami uji kelayakan di jakarta.
walikota solo dan wakilnya begitu antusias untuk menggadaikan unit agar menjadi mobil nasional.
bukan hanya nama solo yang menjadi tersohor, tetapi juga citra smk.
awalnya smk di indonesia adalah sekoah kelas 2 bagi mereka yang tidak bisa meneruskan ke pendidikan yang lebih tinggi dan ingin langsung bekerja.
sekolah kejuruan dianggap sebelah mata, karena gengsi dan minimnya sumber daya yang dianggap berkualitas.
tetapi, sekarang?jaman telah berubah. peduduk semakin banyak, lapangan pekerjaan semakin mengedepankan kualitas dari pekerja, dan itu berarti kesempatan semakin tipis untuk mendapatkan posisi strategis.
sekolah memang menjadi sarana yang besar untuk memperbaiki strata ekonomi sosial.
sekolah kejuruan mengubah pemikiran sdm dan itu yang mendorong untuk lebih berprestasi.

itu siswa kejuruan.
bagaimana generasi setelah itu?
jangan terbelenggu hanya dengan teori, tetapi pengaplikasiannya.
mungkin sistem yang menjadikan banyak warga indonesia untuk berpikiran demikian.
hitam di atas putih menjadi syarat dan penentu dari segala hal.
di negara maju seorang menyandang professor bahkan di bawah umur 30tahun.
mereka mampu menghasilkan karya dan inovasi sehingga mengubah dunia.
riset tumbuh dan berkembang menjadi bagian lingkungan mereka.
atmosfir seorang ilmuan atau penemu sangat kuat.
lihat seperti halnya korea selatan, mereka awalnya pesimis memiliki mobil nasional.
awalnya membongkar mobil buatan amerika dan mencoba mengganti komponen satu persatu.
memang tidak sempurna, pada waktu itu.
seiring jalannya waktu dengan penyempurnaan lahirlah produk kia, hyundai.
bukan hanya itu mereka juga meraai teknologi dengan produk samsungnya yang memproduksi berbagai peralatan elektronik.
alasan harga menjadi dayatarik konsumen untuk membelinya.
target pasar berhasil dan meledaklah produk tersebut.
para pemuda saat ini dibarengi dengan nasionalisme dibangun untuk menciptakan produk karya dalam negeri.
selain menambah devisa, juga mampu menciptakan image nama baik seteah ditempa dengan berbagai berita negatif.
ayo berprestasi!
apapun minat kamu, tunjukkan karyamu

Hayuning Santa Asisi







Komentar

Postingan Populer