Ayo Sekolah

Haii teman2 gimana nih kabar kalian?Weekend kali ini udah ada planning?Makasih ya masukannya yang udah dikirim lewat email/whatsapp/line :D

Artikel kali ini mau bahas tentang pengalaman Lulu bersentuhan dengan dunia edukasi. Engga tau kenapa pengalaman tentang pendidikan selalu ngena banget. 

Sekitar beberapa bulan yang lalu,Lulu dikasih kesempatan buat pengabdian masyarakat di Desa Sumberejo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.Lokasiny engga jauh dari kota Salatiga.engga nyangka banget disana ada sebuah desa yang berpredikat sebagai desa terbaik Jawa Tengah dan maju sebagai nominasi lomba desa terbaik Nasional.

Ada banyak hal yang menarik disini seperti karnaval 2 tahunan,antusias warga ikut kegiatan,orang muda yang menggerakkan berbagai kegiatan desa,dll.Tapi,yang paling berkesan disini waktu tiap sore mengajari anak-anak belajar. Sebenarnya Lulu juga pernah menjadi seorang guru les dan behasil membuat muridnya masuk sekolah favorit,tapi perasaan bener-bener berbeda ketika mengajari anak2 di desa Sumberejo untuk sekedar mengerjakan pr atau memberi mereka gambaran mengenai cita-cita dan mimpi untuk masa depan. Lulu bercerita pentingnya bersekolah menempuh pendidikan setinggi mungkin,bangga menjadi insinyur,perawat,bidan,dll terua pengalaman2 Lulu mengikuti lomba sewaktu sekolah.pengalaman ketika bersekolah dari SD-kuliah ini. Menerangkan gimana senengnya jadi mahasiswa.

Waktu itu yang Lulu rasain bener-bener tulus dan engga harepin imbalan apapun,yang dipengen cuman mereka maju dengan pendidikan dapat menaikkan derajat keluarga mereka serta membawa harum nama desa tempat mereka dibesarkan.

Mungkin Lulu ngrasa pendidikan sebagai suatu hal yang penting banget soalnya dia dibesarin dari keluarga yang menekankan hanya pendidikan modal dari orang tua untuk membentuk masa depannya.Dari kecil,bapak,ibu,kakak engga pernah absen buat sekedar mengajari membuat pr dan mengantarkan les. Mungkin mereka tidak seberuntung Lulu mempunyai orang tua yang mampu mengarahkan,tapi setidaknya Lulu dan beberapa teman2 KKN sudah berusaha memberikan motivasi terbaik untuk anak2 yang belajar di sore itu.Lulu jadi keinget masa kecil, saat setiap sore ngajarin anak2 desa Sumberejo belajar. Bahagia rasanya bisa dengerin cita-cita mereka ada yang pengen jadi guru,dokter,lurah,bidan,polisi,dll. 

Pernah suatu kali baca artikel mengenai kekuatan Asia.Orang Asia menjadikan pendidikan sebagai salah satu cara mengentaskan kemiskinan, dan benar saja menurut sebuat tayangan di National Geographic, disana disiarkan mengenai perjuanan orang China,Jepang,Indonesia,India untuk menempuh pendidikan dan melakukan yang terbaik, bersaing memasuki sekolah dengan predikat terbaik, setiap hari berjuang mempersiapkan materi sekolah hingga jarak berapapun ditempuh untuk memperoleh pendidikan. Dalam tayangan tersebut diceritakan bagaimana perjuangan orang-orang Asia yang tangguh yang nantinya akan memegang peranan penting dalam pergerakan ekonomi dunia.

Buat kamu yang weekend ini engga ada kegiatan, yuk support potensi edukasi lokal di daerah kamu,beri mereka dorongan motivasi untuk melanjutkan pendidikan. Caranya juga macem2,ada yang sekedar membuka tempat belajar kecil-kecilan di rumahny, ada yang sampe ikutan Indonesia Mengajar, ada yang melakukan bakti sosial dengan mengajar di sekolah lokal terdekat, atau buat kamu yang secara fisik engga bisa nglakuin hal-hal tersebut bisa kok dengan donasiin sebagian uang jajan buat yayasan-yayasan atau organisasi penggiat pendidikan.Karena ketulusan kamu adalah harapan buat mereka :) 


-Hayuning Santa Asisi-

Komentar

Postingan Populer